Artikel Terbaru :

Gold Souk Bangunan Bongkahan Emas Yang Berkilau Sepanjang Hari

Gold Souk karya arsitektur seperti sebongkah emas berkilau

Gold Souk Bangunan Bongkahan Emas Yang Berkilau Sepanjang Hari
The Gold Souk - fasade depan yang menarik - Foto oleh : contemporist.com
Bila Anda sedang berada atau liburan ke negeri Belanda, ada satu landmark yang cukup menarik di kotar Beverwijk, Belanda. Bangunan ini adalah sebuah toko emas yang di beri nama "The Goud Souk" bisa di baca sebagai "Gold Souk". Gold Souk adalah sebuah toko atau mall yang paling besar di eropa yang didalamnya terdapat 29 toko dan penjual emas. Lalu apa yang menjadi keistimewaan The Gold Souk ini ? Karya Arsitektur ini adalah hasil rancangan dari Liong Lie Architect dan Leaders Against Routine. Yang membuatnya istimewa adalah bentuk bangunan itu, yang mempunyai bentuk seperti bongkahan emas.
The Gold Souk - fasade depan yang menarik - Foto oleh : contemporist.com
The Gold Souk - Susunan panel segitiga menutupi bangunan ini, sehingga tampak seperti bongkahan emas - Foto oleh : contemporist.com

Pada fasade bangunan yang memiliki lebar 35 meter ini terdiri dari banyak panel relief yang berpola segitiga dan disusun secara berulang dan menerus. Pada permukaan panel dan pencahayaan yang ditanam diantara panel itu dilapisi dengan glitter yang membuat fasade bangunan ini tampak berkilau sepanjang hari, seperti kita melihat sebongkah emas yang disinari matahari. Ketika kita akan masuk melalui pintu utama, juga terlihat pintu itu dihiasi oleh beberapa relief yang seperti pecahan batu. Hal ini membuat bangunan itu dari luar bagai sebongkah emas raksasa yang akan membuat orang merasa takjub.
The Gold Souk - fasade depan yang menarik - Foto oleh : contemporist.com
The Gold Souk - Lighting design pada fasade membentuk garis - Foto oleh : contemporist.com

Bila di bagian eksterior atau fasade bangunan kita melihat kemewahan sebongkah emas yang berkilau, maka ketika masuk ke bagian dalam atau interiornya, akan terasa perbedaan yang sangat kontras. Bagian interior ini memiliki dominasi warna hitam sebagai pelapis bidang lantai, dinding dan langit-langit. Desain pencahayaan atau lighting design pada interior ini tidak terlalu terang, bahkan cenderung meredup. Hal ini dilakukan oleh sang arsitek supaya pengunjung fokus kepada counter yang menjual emas.

The Gold Souk - Interior tampak gelap - Foto oleh : contemporist.com
The Gold Souk - Interior tampak gelap dan didominasi warna hitam - Foto oleh : contemporist.com
The Gold Souk ini sendiri baru diresmikan pada awal tahun 2015 ini, dan tentunya akan menjadi tujuan wisata yang menarik bagi anda yang menyukai emas dan perhiasan bukan ?

Bagikan Artikel Ini :

Post a Comment

 
Didukung Oleh : Virtuhouse.com | RG Movie | Kedirishop
Copyright © 2015. Griya Mapan
Template dibuat oleh Maskolis Publikasi oleh Mas Template
Griya Mapan didukung oleh Blogger