Artikel Terbaru :

8 Cara Memaksimalkan Dapur Kecil yang Sempit

Mendesain dapur akan sangat menyenangkan bila kita memiliki luas ruang yang cukup besar. Namun saat ini untuk mendapatkan lahan yang luas sangatlah sulit, selain harga lahan yang kian mahal juga lahan yang tersedia semakin menipis, sehingga kebanyakan rumah menjadi kecil dan cenderung naik keatas.

Bila anda merasa dapur dirumah anda terlalu kecil atau sangat sempit dan anda adalah orang yang suka memasak, mungkin beberapa tips dibawah ini bisa membantu anda untuk memaksimalkan dapur kecil yang sempit menjadi terasa lebih luas dan lega.

1.  Lemari Penyimpanan

Ketika anda ingin menambahkan lemari dapur, atau lemari penyimpanan, pertimbangkanlah untuk meletakkan lemari secara vertikal. Gunakan dinding dapur anda untuk memaksimalkan lemari penyimpanan anda. Selain lemari penyimpanan, bila terasa masih sempit, anda bisa menaruh beberapa rak pada dinding, bisa digunakan untuk meletakkan beberapa gelas atau cangkir. Jadi intinya perabotan seperti lemari, rak piring, letakkan secara vertikal memenuhi dinding dapur.

2 Lampu dan pencahayaan

Lampu gunakan yang seefisien mungkin. Apabila anda menyukai lampu gantung, janganlah memasang lampu gantung yang terlalu besar, nanti akan membuat dapur menjadi sempit. Pasanglah lampu yang cukup terang namun tetap terlihat bagus. Mungkin menggunakan ceiling lamp dengan sentuhan kaca es sehingga tidak menyilaukan. Warna untuk lampu dapur usahakan memakai lampu dengan yang berwarna dingin.

3. Warna

Perhatikan warna dinding untuk dapur, usahakan memiliki warna yang selaras dengan warna perabotan dapur anda. Misalnya bila perabotan anda didominasi warna merah, anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan warna merah juga untuk dinding dapur. Tetapi tentu anda tidak harus langsung mengecat tembok semua dengan warna merah begitu saja. Harus dipertimbangkan variasi warna yang cocok dengan warna merah.

4. Dinding Panel

Dinding panel biasanya digunakan untuk melindungi dinding di balik kompor atau wastafel. Tujuannya supaya tembok tidak cepat rusak karena panas kompor dan cipratan air cucian. Biasanya dinding panel ini menggunakan material yang tahan panas dan air, anda bisa menggunakan keramik yang di susun demikian rupa sehingga terlihat menarik.

5. Meja Dapur

Biasanya bila anda mempunyai dapur yang kecil, anda cenderung mempunyai meja counter yang bisa berfungsi sebagai meja makan sekaligus meja penyajian. Meja ini juga bisa digunakan sebagai meja bar. Meja counter ini usahakan tidak terlalu lebar tetapi cukup nyaman untuk makan dan memasak.

6. Lemari Es

Bila anda mempunyai lemari es, belilah lemari es yang tidak terlalu besar. Bila memungkinkan, aturlah lemari es itu, dan simpanlah atau sembunyikan didalam lemari. Jadi anda bisa mendesain lemari kecil yang sudah termasuk didalamnya ruang untuk meletakkan lemari es didalamnya. Sehingga bila lemari es ini menjadi on board bersama dengan cabinet, akan membuat dapur terasa lebih lega.

7. Rak Gantung

Rak gantung ini penting, biasanya diletakkan atau digantung diatas tempat cuci atau wastafel. Biasanya anda bisa menggunakan rak ini untuk mengeringkan piring atau gelas yang telah dicuci. Selain itu rak gantung juga bisa anda pakai untuk menyimpan cangkir dan gelas kecil sebagai hiasan dinding.

8. Kaca Cermin

Cermin sangat efektif untuk membantu penampakan visual, dimana kita akan merasa ruang itu menjadi lebih luas. Secara psikologis itu membantu kita merasakan ruangan kita menjadi luas. Taruhlah cermin ini menutupi secara penuh disalah satu bagian akhir dari dapur, sebisa mungkin pasang sebagai pengganti lapisan dinding.

Berikut Gambar Bagaimana Mendesain Dapur Kecil dan Sempit

Small kitchen design ideas

Small kitchen design ideas

Small kitchen design ideas

Small kitchen design ideas

Small kitchen design ideas

Small kitchen design ideas

Small kitchen design ideas

Small kitchen design ideas
Bagikan Artikel Ini :

Post a Comment

 
Didukung Oleh : Virtuhouse.com | RG Movie | Kedirishop
Copyright © 2015. Griya Mapan
Template dibuat oleh Maskolis Publikasi oleh Mas Template
Griya Mapan didukung oleh Blogger