Artikel Terbaru :

Gedung Riset Data Cuaca Oklahoma, Unik dengan bentuk Tornado


Gedung unik berbentuk seperti angin Tornado ini, di rancang oleh perusahaan arsitektur asal Oklahoma, Kinslow Keith & Todd. Gedung ini dirancang sangat unik dan cukup mempresentasikan visi dan fungsi gedung itu sebagai pusat riset data cuaca badai di Oklahoma. Selain itu juga bisa digunakan untuk ruang pertemuan dan sebagai bar.

Gedung unik ini cukup menarik karena berbentuk angin tornado berada diatas garasi Tulsa, Oklahoma. Gedung ini menjulang tinggi dan menjadi ikon di Tulsa, memiliki struktur yang tinggi dan melintir. Karena itulah gedung unik ini disebut juga "Tornado Alley". Biasanya para pemburu badai, atau para ahli riset memantau dan mengikuti tornado yang terjadi dari gedung ini. Juga stasiun tv lokal sering melakukan siaran dan pelatihan di sini. Termasuk juga pelatihan para wartawan pemburu tornado.

Arsitek dari perusahaan Kinslow Keith & Todd ini, mendesain Oklahoma Weather Museum & Research dengan konsep bangunan yang rama lingkungan. Salah satu indikatornya adalah banyaknya pemakaian kaca yang besar untuk memaksimalkan pencahayaan alami dari sinar matahari. Efek dari sinar matahari ini akan membuat seolah-olah bangunan itu berputar secara lambat atau efek slow motion bagi para pengendara yang lewat di sekitar bangunan.


"Konsep bangunan ini adalah buah pemikiran bagaimana untuk membuat sebuah restoran yang berputar pada lokasi yang cukup tinggi, sehingga restoran itu bisa dilihat dari pusat kota, sungai arkansas dan bukit osage. Pada proses desain dan perancangan itu kami mendapatkan metode yang bisa membuat bangunan menjadi lebih menarik dan dahsyat. Jauh lebih menarik daripada konsep awal yang hanya fokus pada restoran berputar di atas itu," kata Andrew Kinslow, salah satu pendiri Kinslow Keith & Todd.

Bangunan "Tornado Alley" ini memiliki tinggi 90 meter, dan menempati area bekas gudang dua lantai peninggalan bersejarah tahun 1920. Lokasi bangunan terletak pada wilayah atraksi turis lokal BOK Center dan Cok Business Center.

Untuk mendapatkan fasade yang menarik, sang arsitek menggunakan campuran dari kaca dan logam yang berlubang. Atap rumput di proyeksikan untuk menjadi taman bagi rerumputan dan tanaman asli wilayah Oklahoma.

Ide dan gagasan ini masih berupa rencana, karena sang arsitek belum menemukan sponsor dan investor yang berminat untuk merealisasikan bangunan tersebut. Tetapi beberapa respon positif sudah ditunjukkan oleh beberapa pengembang dan investor, yang mana mereka ingin menambahkan rumah dan kantor mereka kedalam desain Tornado Alley.


Bagikan Artikel Ini :

Post a Comment

 
Didukung Oleh : Virtuhouse.com | RG Movie | Kedirishop
Copyright © 2015. Griya Mapan
Template dibuat oleh Maskolis Publikasi oleh Mas Template
Griya Mapan didukung oleh Blogger